Tips Anak Bisa Cepat Membaca dan Terbukti Ampuh

Tips Anak Bisa Cepat Membaca – Menjadi guru bagi anak sudah barang tentu adalah sebuah kewajiban para orang tua. Khususnya mereka yang berada dibawah usia di bawah lima tahun.

mendidik anak laki-laki
kanalparenting.com

Sebagai orang tua, sesibuk apa pun keadaannya, tetap harus berani menyisihkan waktunya untuk pendidikan anak-anaknya. Terutama untuk seorang ibu.

Keberhasilan anak ditentukan oleh seorang ibu. Karena bagaimana pun juga, ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya.

Tidak mungkin seorang bapak, yang kewajibannya harus mencari nafkah dan sering keluar karena kewajiban itu. Anak-anak yang mendapatkan perhatian penuh dari orang tua, akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Perbedaan akan sangat mencolok, antara anak yang kerap didampingi orang tua dan anak yang jarang sekali didampingi oleh anak. Tetapi eh tetapi, mendampingi di sini, bukan hanya menemaninya saja.

Namun juga membantu anak dalam mengembangkan sesuatu. Seperti logikanya dan kepekaan perasaannya.

Baca juga: Persiapan Pendidikan Tatap Muka PAUD

Pentingnya Orang Tua Kreatif

Para orang tua seyogyanya menjadi sosok yang kreatif. Hal ini karena akan memengaruhi perkembangan anak. Mulai dari sikap, menentukan baik dan benar, hingga memecahkan masalah yang dia hadapi sendiri.

Inilah mengapa, orang tua dituntut aktif dan kreatif dalam mendampingi anak berkembang. Ajarkan anak-anak kita dengan sesuatu yang baru dan penuh informatif.

Apalagi anak yang sedang penasarannya dengan hal-hal baru. Biasanya anak-anak berusia 5 tahunlah yang memiliki rasa penasaran yang begitu tinggi.

Hal itu bukan kesalahan atau aib, tapi merupakan kodrat yang harus diasah dengan baik. Latih dan rangsang kemauan anak untuk melakukan sesuatu yang baru.

Tetapi harus dalam koridor kegiatan positif ya. Anak-anak akan senang kok.

Nah itulah mengapa peran orang tua sangat penting. Apalagi untuk kegiatan pokok yang semua orang harus bisa, menulis dan membaca.

Orang tua harus berani melatih anak-anaknya menulis dan membaca agar bisa di kemudian hari. Orang tua mana yang rela membiarkan anaknya tidak bisa menulis dan membaca.

Baca juga: Tugas Perkembangan Anak PAUD

Tips Anak Bisa Cepat Membaca dan Terbukti Ampuh

Sebelum masuk ke dunia pendidikan, alangkah baiknya anak-anak kita ajarkan pendidikan mendasar seperti menulis dan membaca. Agar apa, anak tidak tertinggal dari teman lainnya saat menginjak di bangku pendidikan.

Atau mungkin, agar anak menjadi unggulan ketimbang anak lainnya. Semua itu bisa dilakukan tergantung dari kemauan para orang tua.

Orang tua mau, maka anak akan dengan otomatis mulai mau belajar menulis dan membaca. Perbaiki rasa kemauan dulu sebelum mengajari anak.

Jika tidak ada kemauan dan dijalankan dengan terpaksa, yang ada bukannya bisa membaca anak malah takut karena mungkin kamu marahi. Suasana menyenangkan merupakan suasana yang paling digemari anak untuk belajar.

Jangan sekali-kali membuat anak malas atau takut untuk belajar. Berhati-hati dalam bersikap kepada anak adalah cara orang tua bijak dalam mendidiknya.

Nah buat kamu yang belum tahu tips agar anak bisa cepat membaca? Saya akan kasih tahu tipsnya. Gratis enggak perlu kursus.

1. Memahami Karakter Anak

Tak kenal maka tak sayang, peribahasa itu sebenarnya juga diperlukan untuk orang tua dan anaknya. Karena banyak sekali orang tua yang belum bisa memahami karakter dan keinginan anak secara mendalam.

Orang tua cenderung memaksa anaknya untuk mengikuti apa pun yang mereka inginkan. Hal itulah yang membuat anak tidak dekat dengan orang tuanya dan malah cenderung takut.

Sebagai orang tua yang bijak, sebaiknya berupaya memahami karakter sang anak. Selain untuk mencari metode belajar yang pas untuk dia, kamu juga bisa mengenali apa yang diinginkan anakmu.

Siapa tahu lagi, dengan memahami karakter tersebut, kamu bisa menggali bakatnya dan bakat itu akan menjadi kunci kesuksesan untuknya di kemudian hari nanti. Bukankah mudah memahaminya karena hampir setiap hari kamu selalu bertemu dan melihatnya bergerak.

2. Mengenalkan Huruf A-Z

Anak-anak sudah bisa berbicara meskipun belum mengenal huruf. Semua tentunya dapat terjadi dikarenakan kebiasaannya mendengar orang-orang sekitar berbicara.

Namun meskipun sudah pandai berbicara, kadang mereka belum mengenali huruf dari A-Z. Tips kedua ini sangat ampuh untuk kamu yang ingin mengajari sang anak agar bisa cepat membaca.

Belikan papan yang berisikan huruf-huruf atau poster besar atau mungkin bisa melalui gadget. Kenalkan mereka dengan huruf-huruf secara pelan-pelan.

Buat anak penasaran dengan beberapa kegiatan. Semisal mengajaknya bermain teka-teki.

Dengan perlahan anak mulai mengenal dan menghafal huruf tersebut. Setelah mengenalkannya, biasakan agar anak melafalkan huruf tersebut di luar kepala tanpa harus mengingatnya terlebih dulu.

3. Ajari Anak Mengeja

Setelah membuat anak melafalkan huruf di luar kepala. Mulailah mengajari anak untuk mengeja kata yang mudah. Seperti kata yang berakhiran huruf vokal (a, i , u , e , o).

Seperti baju, buku, lama, mandi. Atau ketika kamu dan anak-anak lagi berlibur, kamu bisa mengajak anak mengeja semua tulisan yang ada di beberapa kotak petunjuk atau tempat lain.

Dengan terbiasa mengeja semacam itu, anak akan terangsang untuk terus membaca tulisan atau kata yang dia temukan. Mungkin saja tanpa sengaja, anak mengeja tulisan saat kamu mengajaknya berbelanja di sebuah mall.

Dari kebiasaan itu lama-lama anak akan mulai menambah kosa kata sehingga huruf seperti “belum” mulai dapat mereka baca.

4. Gunakan Lagu Anak-anak

Biasanya video lagu anak-anak disertai tulisan liriknya. Nah ketika anak sudah menemukan keinginan membaca yang tinggi karena latihan sebelumnya, maka tanpa sadar anak akan membaca sambil ikut menyanyikan lagu tersebut.

Dari situlah anak akan terus gemar membaca tentunya dengan gaya menyenangkan dan tidak membosankan. Suasana yang santai dan tidak menegangkan akan menumbuhkan keinginan anak dengan sendirinya tanpa perlu dipaksa.

Selain memperdengarkan lagu anak-anak, kamu bisa juga mengajaknya melakukan game lain yang berkaitan dengan kegiatan membaca. Menyenangkan rasanya mengajari anak sembari bermain dengan mereka. Anak senang begitu juga dengan orang tua.

5. Mendongengkan Anak Sebelum Tidur

Anak yang sudah memiliki rasa penasaran tinggi, akan selalu diliputi rasa itu setiap harinya. Bahkan hampir di semua aktivitasnya dia akan selalu penasaran.

Kini ada baiknya mulailah membeli buku dongeng untuk semakin merangsang keinginan anak dalam kegiatan membaca. Mengapa demikian?

Dongengkan anak sebelum mereka tidur. Maka anak akan penasaran dan malah memilih untuk membacanya sendiri. Berikan buku itu jika anak sudah penasaran dan menarik paksa dari tanganmu.

Anak akan melumat sendiri buku dongeng itu tanpa harus kamu bacakan. Mereka akan khusuk dan mungkin satu buku dongeng saja tidak cukup digunakan dalam seminggu.

Ketika seseorang sudah kecanduan membaca, sehari saja bisa membaca puluhan buku karena saking menyenangkannya.

Fasilitasi anak soal buku dongeng tersebut. Kalau tidak mampu membeli, pinjamkan di perpustakaan daerah yang ada di dekat rumahmu. Dengan begitu stok buku bacaan anak akan terkendali.

Nah itulah tips anak bisa cepat membaca dan terbukti ampuh tanpa harus memasukkan ke les baca atau sejenisnya. Ajari sendiri saja di rumah sekalian memahami keinginan dan karakternya.

Tinggalkan komentar