Mudah, Berikut Cara Memasang Karpet Lantai

Karpet saat ini bisa menjadi alternatif untuk menjadikan lantai lebih indah dan aman bagi seluruh anggota keluarga. Menjadi penting kemudian untuk bagaimana cara memasang karpet lantai agar benar-benar sempurna.

cara memasang karpet lantai
hausjournal.net

Seolah tidak ada cacat dan layaknya dilakukan oleh profesional dan orang yang memang ahli dibidangnya. Tak mau bukan terkesan asal-asalan dan tidak sedap dipandang hanya karena salah persiapan.

Karpet lantai kini banyak dipilih sebagai alas, khususnya untuk bagian ruang tamu. Di mana kita sering berinteraksi dengan tamu atau orang luar yang sedang bertandang.

Manfaat Karpet Lantai

Ada banyak manfaat dari karpet lantai. Selain untuk faktor keindahan dan kenyamanan ternyata karpet juga miliki manfaat lain.

Khusus bagi mereka yang tinggal bersama orang tua yang telah lanjut. Sangat disarankan untuk mengganti alas dengan karpet.

Pun demikian dengan mereka yang miliki anak masih balita. Hal ini karena karpet lebih bisa memastikan seseorang tidak akan jatuh ketika berjalan.

Lain kemudian dengan rumah yang masih menggunakan keramik atau granit sekalipun. Lantai bisa jadi tiba-tiba akan licin.

Karpet juga bisa menjadi satu cara untuk menyembunyikan kabel yang harus melintas. Selain memberi rasa aman tentu juga lebih sedap dipandang bila tidak ada “polusi mata.”

Bukan hanya itu saja, lantai tanpa karpet / alas bila diletakan bangku dan meja rentan terhadap gesekan. Bila ini terjadi dalam waktu panjang tentu akan merusak alas / ubin / lantai.

Siapkan Alat yang Dibutuhkan

Tak ubahnya bagi kita yang ingin masak dan berkebun. Alat pun tentu juga harus disiapkan untuk hasil lebih optimal.

Jangan pernah sekali-kali langsung pasang tanpa persiapan. Tapi ada baiknya setidaknya selain karpet siapkan pula pisau khusus untuk memotong karpet, lem karpet dan alat khusus penahan karpet.

Bila tidak ada dana khusus ada baiknya untuk menyiapkan apa yang ada di rumah. Paling penting alat-alat tersebut bisa digunakan dengan baik tanpa kendala.

Persiapan Sebelum Memasang Karpet Lantai

Selanjutnya bila alat-alat tersebut telah ada maka hitung berapa kebutuhan sesungguhnya. Perhatikan dengan seksama dan jangan sampai lebih atau kurang.

Pilih material atau karpet terbaik sesuai dengan budget yang ada. Harga karpet lantai pun macam-macam tergantung dari kualitas dan bahan digunakan.

Selama berada di toko karpet ada baiknya sudah membawa denah ruangan. Pengukuran saat ada di rumah seakurat mungkin untuk hasil terbaik.

Dengan demikian kita bisa meminta tolong pelayan toko untuk memotong persis sesuai dengan kertas yang telah kita siapkan sebelumnya.

Saat ada di rumah cek kembali posisi karpet untuk bagian mana saja. Jangan sampai ada yang tertukar karena bisa jadi akan ada yang lebih atau kurang.

Cara Memasang Karpet Lantai

Penyakit yang sering muncul dan bikin kesel saat pasang karpet tentu saja karpet bergelombang. Hal ini sebisa mungkin harus dihindari karena memberi efek tidak baik saat dipandang.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang lapisan bawah karpet atau underlay. Lapisan ini akan memberi hasil lebih baik karena gelembung tidak akan nampak.

Khusus di bagian anak tangga ada baiknya digunakan fix gripper atau alat penyetelan khusus. Alat ini berfungsi untuk menempelkan karpet ke tangga.

Ada baiknya pula sejak awal tandai masing-masing karpet sebagai pengingat urutan. Terutama bila saat di toko telah di-seting sedemikian rupa.

Alat pemegang karpet harus bekerja dengan baik agar karpet tidak geser barang sedikitpun. Bila karpet polos tanpa motif mungkin masih aman tapi bila ada motif tentu akan terlihat aneh.

Apapun alasannya pastikan karpet tidak bergerak. Khususnya area yang mudah geser seperti anak tangga.

Fix gripper atau pengencang inilah yang banyak dipilih dan digunakan. Selain mudah digunakan juga memberi hasil lebih baik dan rapi.

Sebelum dinyatakan selesai cek sekali lagi hasilnya seperti apa. Selain terlihat rapi sebaiknya gelombang itu juga tidak ada. Bila dirasa hasil belum optimal ada baiknya untuk diset ulang hingga benar-benar rapi.

Tinggalkan komentar