Metode Parenting Bayi Panduan Tepat Untuk Menjadi Orang Tua Baru

Metode Parenting Bayi – Untuk Anda yang kini tengah menikmati waktu sebagai orang tua, selamat! Anak-anak adalah anugerah dari Tuhan, dan kita wajib untuk mensyukurinya.

metode parenting bayi
kanalparenting.com

Salah satu bentuk syukur atas anugerah ini adalah dengan menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak. Orang tua yang baik itu yang seperti apa? Mari temukan jawaban tersebut dengan ulasan metode parenting bayi berikut!

Menjadi orang tua adalah pekerjaan paling merepotkan. Ada banyak hal yang harus diselesaikan setiap harinya.

Sekalipun demikian, tetap saja banyak yang mengatakan bahwa menjadi orang tua adalah momen paling membahagiakan dalam hidup. Bisa melihat bagaimana anak-anak bertumbuh setiap harinya merupakan hari-hari yang sangat berharga.

Jika saat ini Anda sedang mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua, ulasan berikut sangat tepat. Kami menyajikan ulasan terkait bagaimana cara yang benar bagi orang tua dalam menerapkan pola asuh atau metode parenting untuk anak-anak.

Baca juga: Tanda-Tanda Bayi Cukup ASI

Ulasan ini dimulai dengan metode parenting bayi. Yuk simak!

1. Mengenal Metode Parenting Bayi RIE (Resources for Infant Educares)

Sebelumnya, apakah Anda pernah mendengar apa yang itu RIE? Istilah ini merupakan sebutan untuk salah satu metode parenting bayi. Jika Anda menginginkan anak-anak yang cerdas dan aktif, maka terapkanlah pola asuh yang benar sedari mereka bayi.

Metode parenting RIE terkenal juga dengan metode parenting yang akan menghargai bayi. Jangan mengira Anda bisa berbuat sesuka hati kepada bayi yang baru lahir. Sekalipun bayi belum bisa berucap dan menyampaikan apa yang mereka rasakan.

Metode RIE adalah cara berkomunikasi kepada bayi sama halnya dengan cara berkomunikasi dengan orang dewasa. Hal ini berarti bahwa Anda sebagai orang tua, menghormati bayi sebagai seseorang, dan bukanlah sebagai sebuah objek semata.

Sebelumnya, pernahkah Anda bertanya dan meminta izin terlebih dahulu ketika ingin berbuat sesuatu padanya? Misalkan ketika ingin meninggalkan ia sendiri dalam buaian, atau ketika sedang ingin menggantikan popok dan hal kecil lainnya.

Metode parenting bayi RIE menekankan cara orang tua terutama Ibu untuk berkomunikasi dengan bayi. Cara ini terbukti mampu membantu bayi Anda tumbuh menjadi aktif dan ceria.

Cobalah ajak bayi untuk berbicara, ajak mereka untuk berdiskusi. Sekalipun mereka belum bisa memberikan respon seperti orang dewasa, tetapi mereka paham dan mengerti apa maksud Anda.

Bukan hanya Ibu, Ayah juga memiliki tanggung jawab sama. Luangkanlah waktu Anda untuk mengajak bayi berkomunikasi. Izinkan bayi untuk mendengar suara Anda sebanyak mungkin.

Semakin sering Anda mengajak bayi berkomunikasi, peluang untuk tercipta keintiman antara anak dan orang tua semakin besar.

2. Bagaimana Cara Mengasuh Bayi yang Benar?

Sebagai calon orang tua, tentu pertanyaan serupa sering Anda pertanyakan. Menunggu kelahiran buah hati memang waktu-waktu yang sangat mendebarkan.

Ada perasaan tegang, takut, dan risau yang sekaligus dirasakan oleh setiap orang tua. Terlebih lagi jika tinggal jauh dari kediaman kerabat, khawatir tidak ada tempat untuk bertanya dan belajar tentang cara mengasuh bayi yang benar.

Untuk Anda yang kini tengah bersiap menanti kelahiran sang buah hati, informasi tentang bagaimana cara mengasuh bayi berikut wajib untuk Anda simak dan pelajari. Metode parenting bayi RIE akan semakin sempurna jika Anda terapkan sekaligus dengan cara mengasuh atau merawat bayi yang benar.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Laki-Laki Sejak Bayi

Langsung saja, ini ulasannya!

1. Memberikan Kenyamanan

Parenting bayi tidak bermula ketika bayi lahir. Namun hal ini dimulai sedari Ibu mengadung. Selama masa kehamilan, gunakan untuk belajar banyak tentang ilmu parenting.

Pola asuh yang tepat akan memberikan kenyamanan bagi bayi dan berpengaruh terhadap kecerdasan mereka nantinya. Sebagai calon orang tua, berikan bayi Anda rasa aman sedari ia dalam kandungan.

Ajak mereka untuk berkomunikasi, persiapkan rumah atau kamar yang layak untuk mereka tempati. Pastikan Anda tidak melewatkan hal sederhana namun penting seperti tersebut, ya!

2. Baby Talk

Masih sejalan dengan metode parenting RIE, ajak bayi untuk berkomunikasi. Baby Talk dapat dimulai sejak masa kehamilan.

Usia bayi 0 – 3 bulan, adalah kesempatan paling baik untuk Anda membangun komunikasi dengan bayi, karena mereka berada di waktu-waktu yang sangat peka terhadap suara.

Bicarakan hal apa saja bersama mereka, tentunya hal-hal yang positif dan membahagiakan, ya! Sekalipun bayi belum bisa berucap, mereka bisa menangkap suasana hati sang Ibu.

3. Berikan Kebebasan Untuk Bereksplorasi

Bayi berusia 3 sampai 6 bulan, adalah masa-masa mereka tertarik dengan mainan dan selalu ingin mencoba. Pada usia ini, bayi akan sangat aktif, sehingga terlihat lucu dan sangat menggemaskan.

Tugas Anda sebagai orang tua, adalah membiarkan bayi untuk bebas mencoba. Apa saja yang mereka temukan, akan mereka coba untuk kunyah.

Agar bayi tetap aman dan tidak terluka, tentu Anda perlu mempersiapkan mainan yang tidak berbahaya sehingga tidak akan melukai bayi Anda.

4. Kenali Kepribadian Mereka

Anda bisa mengenali kepribadian bayi ketika mereka menginjak usia 6 bulan ke atas. Mengapa orang tua perlu mengenali kepribadian bayi mereka?

Tentu saja hal ini menjadi sangat penting. Setiap manusia memiliki kepribadian berbeda, sukar untuk menemukan kesamaan sekalipun mereka bersaudara kandung.

Mengenali kepribadian bayi akan memudahkan orang tua untuk berkomunikasi dengan mereka. Bayi yang aktif akan sangat senang ketika di ajak untuk bermain dan mencoba sesuatu yang baru.

Sedangkan bayi yang mudah tegang, tidak suka dengan sesuatu yang mengejutkan mereka. Hal yang demikian akan mempermudah orang tua dalam menentukan tindakan dan antisipasi terhadap bayi mereka.

5. Menciptakan Kehangatan dalam Keluarga

Poin paling penting dari metode parenting bayi adalah keluarga itu sendiri. Ketika memasuki usia 1 tahun, bayi sudah bisa bersosialisasi layaknya orang dewasa.

Mereka akan turut merasakan apa yang orang tua rasakan. Maka dari itu, ciptakanlah kehangatan dalam keluarga sehingga bayi akan merasa aman, nyaman dan terlindungi ketika mereka ada bersama Anda.

Keluarga merupakan faktor paling berpengaruh dalam kepribadian seorang anak. Bisa dilihat bagaimana kepribadian anak dari keluarga yang hangat dengan kepribadian anak dari keluarga yang kondisinya berbanding terbalik.

Membangun emosional dan psikologis anak adalah tugas masing-masing keluarga. Jika ingin anak Anda menjadi pribadi yang hangat, berkpribadian yang baik, maka terapkanlah pola asuh yang akan mendukung terwujudnya keinginan tersebut.

Kesalahan orang tua dalam menerapkan pola asuh terhadap anak akan berdampak besar dalam hidup mereka kelak.

Sebelum memutuskan untuk menjadi orang tua, pastikan bahwa Anda benar-benar siap dan sadar akan tanggung jawab ini. Mulai sekarang, cobalah untuk mencari ilmu tentang parenting.

Ilmu parenting bisa Anda dapatkan melalui banyak cara, bisa dengan membaca buku, atau sekedar mencari informasi di internet seperti saat ini. Setelah tahu bagaimana metode parenting bayi yang baik dan benar, jangan lagi menerapkan cara yang salah, ya! Semoga informasi ini bermanfaat!

Tinggalkan komentar