Kehamilan Sehat Cegah Stunting Untuk Generasi Emas

Beruntung beberapa waktu lalu saya mengikuti webinar dengan tema Kehamilan Sehat yang Bisa Mencegah Stunting. Hadir dalam kesempatan tersebut CEO Kehamilan Sehat, Agus Jatmika Soegiarto.

kehamilan sehat
tangkapan layar webinar

Selain itu ada lagi Dokter Spesialis Kandungan dr. Eko Setiawan, Sp.OG, Dokter Spesialis Anak dr Yoga Yandika, Sp.A, Konselor Laktasi dr. Adnina Hariningrum, CIMI dan Bidan Diah Kusuma W, A.MD.Keb. Praktis dengan adanya beberapa narasumber tersebut membuat diskusi kian berbobot.

Di mana mereka, orang-orang yang ahli dibidangnya hadir dan memberikan informasi terbaik. Bukan lagi hanya sebatas konon atau katanya.

Namun benar-benar teruji secara medis dan klinis bahwa kehamilan sehat mampu cegah apa yang namanya stunting. Dengan demikian para orang tua tahu betul persiapan dan apa yang harus mereka lakukan sejak bayi dalam kandungan.

Kehamilan Sehat Cegah Stunting

Nampaknya rumus, mencegah lebih baik daripada mengobati berlaku dalam banyak hal. Tak terkecuali upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak di kemudian hari.

Anak sehat secara keseluruhan tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada proses panjang di dalamnya dan satu sama lain saling beririsan.

Salah satu upaya yang paling mudah untuk cegah stunting adalah melakukan pemeriksaan sedini mungkin. Jadi bukan setelah muncul ketidakberesan baru kemudian melakukan pemeriksaan.

Yang ada bila ini terjadi dan dilakukan sudah bisa dikatakan terlambat. Akan butuh effort dan biaya yang luar biasa besar untuk memperbaiki kondisi.

Dengan pemeriksaan dini, atau dalam hal ini USG sejak trimester awal maka para orang tua bisa melihat tumbuh kembang janin di dalam perut. Jangan karena ingin hemat atau ingin mendapat kejutan maka kegiatan ini diabaikan.

Cegah Stunting ala Klinik Kehamilan Sehat

Menurut Agus Jatmika Soegiarto, paling penting yang harus dipahami para calon orang tua adalah literasi kehamilan. Sudah saatnya para calon ibu / bapak untuk memperkaya wawasan terkait kehamilan.

Perlu diketahui bahwa stunting tidak saja terjadi pada mereka yang kurang secara ekonomi atau finansial. Namun bisa juga terjadi pada keluarga yang mapan secara finansial tapi minim literasi kehamilan.

Stunting bukan hanya tentang ukuran atau tinggi badan anak saja. Namun juga berkaitan dengan tingkat intelektualitas anak kelak.

USG sebagai tindakan pertama yang bisa dilakukan mau tidak mau harus dijalankan. Saat ini biaya pemeriksaan ini juga tidak mahal.

Sebagai contoh bila melakukan pemeriksaan di Klinik Kehamilan Sehat di bawah naungan PT Kehamilan Sehat Sejahtera maka untuk satu kali USG cukup merogoh kocek Rp 200 ribu saja. Berbagai informasi penting dan valid pun bisa di dapat mulai dari kondisi janin, usia kehamilan hingga proses tumbuh kembang selama dalam perut.

Selain mendapat layanan USG, juga akan mendapat edukasi atau tips selama hamil dari mereka yang berkompeten. Langkah ini tentu juga memberi rasa aman bagi para calon ibu karena mereka tahu betul apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Para ibu atau orang tua yang sukses cegah stunting maka secara tidak langsung akan dukung ciptakan generasi emas di masa yang akan datang. Ingat, anak-anak harus kita siapkan sebaik mungkin sejak dini untung songsong masa yang akan datang.

Dapat dibayangkan bila literasi terkait hal ini lemah. Bisa jadi kelak masa depan bangsa akan menurun seiring tingginya stunting di tanah air.

Senam Kehamilan Sebagai Upaya Lancarkan Proses Persalinan

Selanjutnya memasuki trimester ketiga para ibu seyogyanya mencoba tips kehamilan sehat dengan mempersiapkan diri untuk proses kelahiran. Bila USG sebagai salah satu upaya untuk pemeriksaan dini maka senam kehamilan sebagai upaya mudah melahirkan.

Perlu diketahui tidak semua ibu akan mudah melahirkan. Ada diantara mereka yang juga perlu dilakukan treatment agar proses persalinan terjadi dengan lancar. Jangan ambil risiko untuk hal yang satu ini karena taruhannya sudah pasti nyawa.

Guna mendukung proses ini Klinik Kehamilan Sehat memberikan edukasi dan senam kehamilan. Dan untuk biaya mengikuti kegiatan ini sangat murah karena cuma dikenakan Rp 10.000,-. Kabar baik lainnya para calon ibu ini pun akan mendapat susu gratis.

Hindari Stres Saat Hamil

Satu kondisi yang benar-benar harus di jaga saat hamil oleh para ibu tentu saja stres. Stres atau pikiran berlebih akan mengganggu kondisi janin.

Perlu peran suami untuk benar-benar menjadi suami siaga. Memastikan ibu cukup asupan dan istirahat karena dalam masa ini ada 2 nyawa dalam diri ibu.

Ibu yang stres atau tidak bahagia akan membuat janin tidak nyaman. Seolah ia juga telah mampu merasakan apa yang dirasakan orang tuanya.

Selama masa kehamilan kadar hormonal juga seringkali berubah-ubah. Dengan literasi kehamilan yang baik calon ibu pastinya tahu kondisi ini.

Mampu berdamai dengan kondisi yang ada dan bersyukur diberi kepercayaan Tuhan untuk miliki momongan. Hindari ketakutan berlebih atas informasi yang beredar juga menjadi sebuah keharusan.

Jangan pernah percaya dengan apa yang dikatakan orang atau mitos bahwa selama hamil tidak boleh ini dan itu. Namun cari referensi terbaik sebenarnya apa yang tidak boleh dan akibatnya apa.

Nampaknya webinar yang diselenggarakan indscript creative ini berlalu begitu cepat. Akan tetapi ada poin-poin penting yang bisa dibagikan untuk para calon ibu.

Semoga dengan pencerahan ini tidak lagi ada ketakutan akan mitos selama kehamilan atau stunting. Bisa dicegah dengan menambah literasi kehamilan yang ada.

Bila kurang maka bisa kunjungi situs Kehamilan Sehat untuk dapatkan tips-tips lain seputar kehamilan maupun program hamil.

Tinggalkan komentar