Cara Menjaga Motivasi Anak Usia PAUD Tetap Semangat Belajar

Keberhasilan seorang anak bukan hanya ditentukan dengan kemampuan akademik maupun intelektualitas semata. Lebih dari itu juga akan terlihat dari cara menjaga motivasi anak.

menjaga motivasi anak usia paud
kanalparenting.com

Orang tua memiliki peranan penting dalam mewujudkan kesuksesan berdasarkan apa yang diinginkan. Jangan sampai motivasi untuk belajar berkurang karena akan berdampak di masa yang akan datang.

Cara Menjaga Anak Usia PAUD Tetap Semangat Belajar

Motivasi merupakan kekuatan terbesar bagi seseorang dalam meraih sesuatu. Adapun motivasi terbesar bagi seorang anak adalah orang tua.

Para orang tua hendaknya bisa bersikap bijak dan mendukung anak dengan baik. Lantas bagaimana cara menjaga anak usia PAUD tetap semangat belajar?

Baca juga: Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini

Simak ulasannya berikut ini!

1. Belajar sambil bermain

Tentunya kita semua sudah mengetahui bahwa dunia anak merupakan dunia permainan. Langkah yang bisa dilakukan sebagai cara menjaga anak usia PAUD tetap semangat belajar adalah dengan membiarkan mereka melakukan permainan berunsur edukasi sesuai usianya.

Tips belajar sambil bermain tentu akan menjadikan anak merasa lebih rileks dan senang belajar. Cara ini juga akan membuat orang tua menjadi lebih santai saat mendampingi mereka.

Pastikan anda memberikan permainan edukatif sesuai jenjang usia anak. Usahakan untuk menemukan muatan pendidikan di setiap permainan maupun hal menarik di sekitar anak.

2. Berkarya dan berkreasi

Mengajarkan anak untuk membaca, memberikan teori maupun hal-hal yang bersifat tekstual tentu akan menjadikan mereka cepat bosan. Anak akan merasa malas, jenuh dan tidak mau belajar.

Nah, cara agar anak bersemangat belajar bisa dilakukan dengan mengajak mereka berkarya dan berkreasi menghasilkan sesuatu yang menarik. Anda bisa menerapkan tahapan praktik menggunakan perangkat yang menjadikan anak merasa terkesan.

Pakailah alat peraga tentu akan membuat mereka tertarik untuk belajar dibandingkan hanya dengan mendengarkan penjelasan.

3. Tidak fokus pada hasil dan nilai

Belajar merupakan proses untuk memahami sesuatu, sehingga diharapkan orang tua tidak menargetkan sesuatu yang berlebihan dari kemampuan anak apabila tidak sesuai kenyataan.

Memberikan target hasil dan nilai tinggi pada anak yang tidak mempunyai kemampuan cukup memadai tentu akan membuat mereka stres, tertekan, takut pada orang tua dan malas belajar.

Menumbuhkan semangat senang dengan sesuatu seharusnya tidak didasarkan dengan nilai dan hasil. Akan lebih baik lagi bila mereka dapat menjalani setiap proses dengan baik.

Ajarkan pada anak jika hal terpenting dalam belajar yaitu proses untuk selalu belajar dan terus mencari tahu, perkara nilai dan hasil merupakan efek dari usaha yang dilakukan dengan semangat dan terus menerus.

4. Memulai dari minat bakat

Menemukan bakat dan minat anak sangatlah penting. Pastikan orang tua bisa mengembangkannya dengan selalu memotivasi mereka sejak dini.

Apabila anda berhasil menemukan minat dan anak maka cara untuk mendorong anak agar bersemangat dalam belajar tentu akan semakin mudah. Tak mudah memang tapi para orang tua pastinya akan lebih mudah menemukan minat bakat anak daripada orang lain.

5. Memberikan apresiasi

Prestasi dan semangat memang harus didukung dengan pemberian apresiasi yang memadai. Tentu bukan hanya anak usia dini saja yang memerlukan apresiasi, bahkan orang dewasa juga menjadi semangat belajar jika mendapatkan apresiasi.

Nah, disini baiknya para orang tua dapat memberikan apresiasi yang positif dengan keberhasilan atau prestasi yang diperoleh anak. Anda bisa memberikan apresiasi mendidik dan terus memompa motivasi anak untuk lebih giat belajar.

Apabila anda membelikan barang, pilihlah barang yang memiliki nilai edukatif dan bermanfaat. Jika anda mengapresiasi dalam bentuk aktivitas, harus tetap fokus pada kebutuhan edukasi sang buah hati.

Demikian ulasan mengenai cara menjaga anak usia PAUD tetap semangat belajar yang bisa anda terapkan sebagai orang tua yang baik dan bijak. Peran orang tua dalam mendidik anak sejak kecil memang sangat penting untuk membantu tumbuh kembang mereka agar mampu meraih impian mereka di masa mendatang.

Tinggalkan komentar